Pekan Kedua Orientasi, CPNS Diperkenalkan Senjata Api

Cetak

Sumbawa Besar - Masa orientasi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Tahun Anggaran 2021 di Lapas Sumbawa Besar Kanwil Kemenkumham NTB saat ini telah memasuki pekan kedua, salah satu materi pelatihan yang diberikan pada hari ini, Senin (14/06), adalah pengenalan senjata api. Materi ini disampaikan oleh Kepala Seksi Administrasi Keamanan dan Tata Tertib, Ketut Mustika.

 

Berlangsung di Aula Lapas Sumbawa Besar, Ketut Mustika memimpin langsung pengenalan senjata api ini didampingi Kasubsi Keamanan dan instruktur orientasi.

 

“Pengenalan ini dimaksudkan agar adik-adik CPNS dapat mengenal jenis senjata apa saja yang kita miliki disini, serta punya pemahaman tentang dasar-dasar cara mengoperasikannya." Ujarnya.

 

Mustika menambahkan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk membentuk sikap dan kewaspadaan dalam membaca situasi, serta pelatihan kemampuan CPNS sehingga lebih professional dalam melaksanakan tugas, memberikan pelayanan, serta mengayomi dan memberikan rasa aman terhadap diri sendiri dan warga binaan pemasyarakatan.

 

Para CPNS dengan seksama memperhatikan penjelasan tentang jenis-jenis senjata api, cara penggunaan, cara membongkar pasang, teknik pengawalan bersenjata, serta cara pengamanan senjata api. Selain itu instruktur juga menyampaikan terkait kondisi-kondisi tertentu yang mengharuskan penggunaan senjata.

 

"Dalam penggunaannya tidak boleh main-main, kenali senjata api yang kita pegang, dapat membaca situasi ketika sedang terjadi hal darurat, jangan mengambil keputusan yang ceroboh serta mengamankan dengan baik agar tidak terjadi kesalahan maupun kelalaian dalam penggunaannya,” ungkap Pancawati, Kasubsi Keamanan.

 

#LapasSumbawaBesar

#PastiBalong

#RomiYudianto

#KumhamPasti

#KemenkumhamNTB

#KanwilKemenkumhamNTB