Pastikan Kesehatan WBP, Petugas Medis Jemput Bola Berikan Pelayanan

Cetak

Sumbawa Besar - Kondisi kesehatan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) merupakan salah satu bidang yang mendapatkan perhatian khusus petugas Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Sumbawa Besar Kanwil Kemenkumham NTB. Setiap harinya petugas kesehatan terus berupaya memberikan pelayanan kesehatan yang prima dan optimal kepada WBP.

 

Seperti terpantau hari ini, Jumat (10/06), Redi Putra, salah seorang petugas kesehatan Lapas Sumbawa Besar tengah memberikan perawatan kepada WBP yang memiliki keluhan kesehatan dan perawatan luka. Kegiatan ini menurut Redi merupakan komitmen Lapas Sumbawa Besar untuk tetap memastikan kondisi kesehatan WBP. 

 

Sebelum memberikan perawatan langsung dirinya terlebih dahulu melakukan kontrol kesehatan keliling di blok-blok hunian dan mendata keluhan setiap warga binaan serta memberikan obat seperlunya. Jika dirasa perlu untuk diberi tindakan maka yang bersangkutan akan diarahkan menuju klinik kesehatan Lapas.

 

"Sebelumnya kita kontrol dulu ke kamar-kamar, jika perlu penanganan kita bawa ke ruang perawatan untuk mendapatkan penanganan yang lebih baik, istilahnya jemput bola," ujarnya.

 

Keluhan yang disampaikan umumnya merupakan penyakit yang disebabkan oleh pola hidup yang kurang disiplin seperti kebersihan badan.

 

"Ada sebagian yang bisul, mereka kurang disiplin jaga kebersihan diri, ada juga yang bekas luka benturan main bola dan lainnya." terangnya kepada Tim Humas.

 

Sembari memberikan perawatan Redi tak lupa mengingatkan kepada para WBP untuk tetap menjaga kebersihan badan agar terhindar dari penyakit kulit.

 

Di kesempatan berbeda, Kepala Sumbawa Besar, M. Fadli, berjanji akan terus menjamin kesehatan WBP sebagaimana terkandung dalam Undang-undang Pemasyarakatan. "Hak WBP untuk tetap sehat akan terus kami jamin. Kesehatan dan kebugaran merupakan faktor penting agar proses pembinaan WBP berjalan dengan baik dan optimal, " tutupnya. (fm)

 

#LapasSumbawaBesar

#PastiBalong

#RomiYudianto

#KumhamPasti

#KemenkumhamNTB

#KanwilKemenkumhamNTB